DONGENG "Si Kancil dan Pak Tani"



"Si Kancil dan Pak Tani

Ayo.. pasti kalian sudah pernah dengar dongeng ini kan? Yuk kita baca lagi dongeng Si Kancil mencuri timun secara singkat. 

Pada suatu hari, Kancil sedang jalan-jalan di pinggir hutan. Tiba-tiba perutnya sangat lapar. Kebetulan ia melihat ada hamparan ladang timun yang sedang berbuah. Kancil berniat mengambil mentimun tersebut. Tanpa basa-basi Kancil melewati pagar pembatas ladang dan menikmati buah mentimun yang sudah mulai masak. Setelah kenyang, Kancil pun pergi meninggalkan ladang yang telah terlihat berantakan karena ulah dirinya. 

Setelah Kancil beranjak pergi, Pak Tani sang pemilik ladang datang untuk memeriksa ladang mentimun miliknya. Betapa kagetnya ia saat mengetahui jika ladangnya telah rusak dan sebagian mentimun miliknya telah raib entah ke mana. 

Pak Tani kesal dengan kejadian tersebut, lalu ia memasang orang-orangan sawah yang telah diberi lem lengket untuk menjebak si pencuri ketimun. Keesokan harinya Kancil kembali ke ladang untuk mengambil ketimun lagi. Betapa kagetnya ia melihat ada sosok petani yang menjaga ladang.

Bukannya merasa takut, Kancil malah menghampiri sosok petani itu. 

"Hmm sepertinya Pak Tani ingin menakut - nakutiku, dia pikir aku bodoh" kata Kancil sambil menendang orang-orangan sawah itu. 

Tak disangka kaki Kancil tersangkut di orang-orangan sawah. Kancil pun terperangkap dan tidak bisa melarikan diri. 

Pak Tani yang melihat Kancil terperangkap senang bukan kepalang. Lalu Kancil dibawa pulang ke rumah Pak Tani dan dikurung dalam sebuah kandang ayam. Kancil tak hilang akal, ia mencoba mencari cara agar bisa ke luar dari dalam kandang itu. 

Kancil melihat seekor anjing peliharaan milik Pak Tani dan memanggilnya. 

"Halo anjing, sedang apa kau di sana?" kata Kancil 

"Aku sedang menjagamu agar kamu tak kabur ke mana-mana" kata anjing sambil menghampiri Kancil

"Aku senang sekali, besok aku akan diajak makan-makan di pesta Pak Lurah, oleh karena itu Pak Tani memintaku untuk istirahat sejenak di sini" ucap Kancil. 

Sang anjing terlihat kesal karena Pak Tani tak pernah mengajaknya untuk mengunjungi pesta dan makan di rumah Pak Lurah. 

"Sebenarnya aku kasihan padamu, yang telah lama mengabdi tapi tak pernah di ajak bersenag-senang. Aku punya ide nih agar besok kamu bisa ikut ke pesta Pak Lurah" sahut Kancil. 

"Bagaimana caranya agar aku bisa ikut?" tanya anjing 

"Kita harus bertukar posisi, agar kamu bisa menggantikanku untuk ikut ke pesta Pak Lurah" bujuk Kancil. 

Akhirnya anjing pun termakan rayuan Kancil dan membantu Kancil ke luar dari kandang ayam lalu bertukar posisi. Sekarang, Kancil berhasil keluar, sementara si anjing sudah berada di dalam kandang ayam. 

"Maafkan aku anjing, sebenarnya tidak ada pesta di rumah Pak Lurah, aku hanya membohongimu agar bisa keluar dari kurungan ini" Kata Kancil sambil tertawa 

Betapa kesalnya anjing, dan melontarkan sumpah serapah untuk si Kancil. Tetapi, sudah terlambat, karena Kancil telah berhasil  bebas dan pergi berlari menuju hutan. 

Pesan pada dongeng Si Kancil ini adalah, jangan mudah percaya terhadap omongan orang begitu saja. Walaupun Kancil cerdik, tetapi sifatnya yang suka mencuri dan membohongi anjing tidak patut dicontoh ya!


VIDEO. Si Kancil dan Pak Tani

0 komentar:

Entri yang Diunggulkan

MOMENT LCC 4 PILAR SULAWESI TENGAH 2019

LOMBA CERDAS CERMAT 4 PILAR  SULAWESI TENGAH   2019